Headlines News :
Home » , , » The Simpsons [Umpu Prahara]

The Simpsons [Umpu Prahara]

Written By sastra on Thursday, August 30, 2012 | 6:43:00 PM


Setelah 18 tahun (dan terus bertambah) dari hanya bahan tertawaan di televisi, The Simpsons membuat debut layar lebar mereka The Simpsons Movie yang disutradarai oleh David Silverman, direktur animasi, sutradara, pembuat skenario dan dibantu oleh serangkaian veteran James L. Brooks, Matt Groening, Al Jean, Ian Maxtone-Graham, George Meyer, David Mirkin, Mike Reiss, Mike Scully, Matt Selman, Swartzwelder John, dan Jon Vitti. Suara cast regulars Dan Castellaneta, Julie Kavner, Nancy Cartwright, Yeardley Smith, Hank Azaria, Harry Shearer, Pamela Hayden, Tress Mac Neille dan peran masing-masing Reprise ganda untuk film ini. Juga bergabung dengan mereka adalah Albert Brooks, seorang veteran dari beberapa episode The Simpsons masa lalu. 

Cerita bertema lingkungan hidup ini difokuskan kepada Homer J. Simpson yang harus menjauhkan diri dari orang yang dicintainya dan warga Springfield karena tindakan yang bisa dibilang tindakan yang paling bodoh dalam masalah perusakan lingkungan. Film dibuka oleh konser grup band Green Day diatas danau di kota Springfield, pada saat Green Day mengajak penonton untuk menyikapi masalah lingkungan hidup karena danau tempat konser telah terpolusi, namun yang terjadi malah Green Day dilempari batu dan dianggap pengkhotbah sehingga Green Day pun mati tenggelam di danau. Melihat hal ini, Lisa Simpson tergerak dan mencoba mengetuk hati penduduk Springfiled untuk peduli terhadap lingkungan. Apa yang terjadi? Penduduk malah bersikap antipati terhadap Lisa, (bahkan ada rumah kapal yang langsung berlayar ketika Lisa mendatangi rumah tersebut). Namun akhirnya usaha Lisa berhasil dan dapat mengajak warga Springfield untuk membersihkan danau tersebut dari sampah dan limbah beracun.

Di adegan selanjutnya, Homer yang memiliki peliharaan baru yaitu babi diberi nama "Spider-Pig", kesulitan dalam membuang kotoran peliharaannya. Silo yang digunakan Homer untuk menyimpan semua kotoran hewan peliharaan kesayangannya tersebut telah penuh. Karena kebingungan Homer akhirnya membuang kotoran babi peliharannya tersebut ke dalam danau yang telah dibersihkan tersebut dan mengakibatkan danau kemudian terpolusi kembali. Dapat ditebak, Springfield kemudian mengalami bencana lingkungan yang kemudian mendorong Presiden Arnold Schwarzenegger untuk mengambil tindakan drastis. Tindakan yang dilakukan terhadap Springfield adalah dengan mengisolasi  penduduk Springfield dengan dunia luar. Tindakan ini dilakukan dengan cara memasang kubah (Dome) yang menutupi Springfield dengan alas an bahwa Springfield telah menjadi kota yang tingkat pencemarannya sangat tinggi sehingga untuk mencegah meluasnya pencemaran Springfield harus di isolasi dari dunia luar. Ini adalah akal licik dari ketua EPA Russ Cargill (disuarakan oleh Brooks) yang berencana membuat tempat wisata baru dengan menjadikan kota Springfield sebagai New Grand Canyon demi keuntungan pribadinya. Presiden, bagaimanapun, hanyalah pion dalam intrik licik ketua EPA Russ Cargill. Keputusan-keputusan yang diambil oleh Presiden selalu dipengaruhi oleh Russ Cargill.

Cerita mulai menjadi semakin menarik disini. Penduduk Springfield akhirnya menemukan bahwa Homer adalah penyebab dari nasib mengerikan yang menimpa kota. Penduduk Springfield pun mengejar Homer, namun Simpson Family berhasil melarikan diri dan menjadi buronan EPA. Simpson Family kemudian sampai harus melarikan diri ke Alaska. Di sana ia dipaksa untuk merenungkan perilakunya yang tidak bertanggungjawab dan demi menyelamatkan pernikahannya dan kotanya (Marge dan anak-anak mereka memilih untuk kembali ke Springfield karena mengetahui bahwa Springfield akan dijadikan obyek wisata oleh ketua EPA Russ Cargill). Hal tersebut yang membuat Homer akhirnya kembali ke Springfield. Setelah sampai di Springfield, Homer berusaha mencari akal untuk menyelamatkan kotanya. Dengan bergaya ala Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator, Homer mengendarai motor Harley Davidson berboncengan dengan Bart yang membawa  bom untuk meledakkan kubah (dome) yang melingkupi Springfield.

  Springfield sebagai biosfer tercemar adalah sebuah metafora untuk planet ini, tapi film tidak pernah terjebak dalam ceramah lingkungan dan cenderung menertawakan pemerintah AS. Untuk diketahui Pemerintah AS selama ini selalu menggembar-gemborkan tentang isu lingkungan hidup, namun di sisi lain pemerintah AS sendiri tidak mau menandatangani perjanjian tentang lingkungan hidup. Selain itu, Presiden AS digambarkan sebagai seorang Presiden yang bodoh, dimana setiap kebijakan-kebijakan yang diambil olehnya selalu dipengaruhi oleh orang-orang disekelilingnya yang notabene adalah para pemilik-pemilik modal di Dunia. Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah AS selama ini selalu dilandasi oleh penyelamatan modal-modal yang ada tanpa mempertimbangkan aspek-aspek humanisme dan lingkungan hidup. Pemerintahan AS tidak punya pemikiran sendiri untuk mengambil keputusan, cenderung lebih dipengaruhi orang-orang yang membuat kebijakan demi keuntungan bisnisnya.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Media Seni dan Sastra Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger