Headlines News :
Home » , , , » Puisi-puisi [Reski Kuantan]

Puisi-puisi [Reski Kuantan]

Written By sastra on Wednesday, August 01, 2012 | 5:25:00 AM


Rindu dan Waktu 

Aku mengenalmu, mengenal isyarat matamu, mengenal bahasa bibirmu, mengenal gerak-gerik tubuhmu, sama seperti kau mengenal aku, tapi kita tidak mengenal waktu, dan rindu, barangkali ia sedang berlarian seperti jarum jam di dinding itu, mematuk usia pertemuan kita, kemudian membenamkannya ke dalam ingatan yang garang.

Tahukah kau kekasih? Rindu adalah kau yang sedang tertidur, rindu adalah kau yang sedang mengigau dan tiba-tiba memeluku, rindu adalah ketika di luar hujan dan sembari merasai gigil berkali-kali kau beri aku bibir, rindu adalah aku yang begitu khusyu menghisap kecantikanmu, dan waktu, waktu adalah duka, waktu adalah yang tiba-tiba tiada, kemudian air mata.

Begitulah selalu, aku bicara pada sepi seolah-olah kau di sini, kekasih.

Reski Kuantan; 30/07/2012


Dengar, Bung!

Kami,
bukan pabrik!
kepala, dada dan perut
dan bagian mana pun dari tubuh kami,
bukan mesin,
ingat!

Reski Kuantan;01/05/2012


Aku Tulis Sajak Ini Ketika Sendiri

Aku duduk menghadap kota, lampu-lampu dan kanak-kanak entah mana yang binar matanya, antara kenangan dan impian, yang aku mengerti begitulah detik, dan derik ingatan, jalan-jalan, bangku taman, pemberhentian angkutan, hujan, serta daun-daun yang berguguran adalah musim yang tak bisa ditebak, begitu juga usia, aku menyebutnya luka, yang gemetar tiap kusentuh, kemudian perih dan ngilu.

Aku pernah ingin seperti bunga kapas yang ditiup angin dan lepas, bebas berterbangan ke dalam diriku sendiri: Seorang dari diriku membunuh diriku yang lain, seorang dari diriku lagi mebunuh seorang dari diriku yang lain lagi, dan yang lainnya lagi sibuk merenung dan bermimpi. Diriku adalah tumpukan-tumpukan dari diriku yang saling membunuh dan mati dan ingatan dan mimpi-mimpi.

Aku duduk menghadap tembok-tembok pemisahan dan gedung-gedung kesenjangan sembari kuukur tangaku dan kusetubuhi diriku sendiri, aku dan diriku-diriku yang lain lagi, kami saling tuduh dan tindih, dan seperti kata-kata yang jatuh dari tong sampah ke tong sampah, keringat kami menjadi puisi, menjadi keluh dan desah, menjadi polusi yang berhamburan ke udara, kemudian kami hirup dengan seksama.

Dengar! Ini kota penyair, kotanya para pemikir dan nyinyir berpesta, saling bersulang dan melempar dusta, kau siapa?

Reski Kuantan; 07/05/2012 


Negeri di Dalam Tabung Kaca

Aku melihat penghianatan dan pembodohan massa
kau menyebutnya: Indonesia

Reski Kuantan; 23/04/2012


Sajak Kecil Untuk Af 
:Afrilia Utami

Aku tulis sajak ini sembari dadaku dipenuhi haru ketika di luar hujan, dan hujan menimpa apa saja. Kau ingat? Kita senang bermain hujan, hujan yang menyentuh kepalaku dan rambutmu yang kian panjang, basah terurai meneteskan makna-makna, selalu inginku sentuh, seperti perempuan menyentuh dada lelaki, seperti waktu menyentuh janji.

Aku bacakan sajak ini pada malam sembari ceruk mata kian tergenang, ketika berisik hujan berangsur tenang, dan suara sepi serak menggetarkan ingatan. Tak banyak kata, hanya hamparan doa dan harapan yang selalu menemui jalanya sendiri, seperti kalimat menemui puisi, seperti usia menemui hari.

Aku lipat sajak ini sembari kuserahkan diriku pada pemiliknya kembali, ketika hujan telah reda dan kita yang semoga semakin dewasa dan kau senantiasa baik-baik saja.

Reski Kuantan; 17/04/2012

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Media Seni dan Sastra Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger